Pendekatan dalam Apresiasi Sastra

Untuk mengkaji suatu karya sastra diperlukan pendekatan, metode dan teori yang sesuai dengan karakteristik karya sastra yang akan dikaji. Yang menjadi pertanyaan besar adalah bagaimana perbedaan antara pendekatan dengan metode?

Secara etimologis, pendekatan berasal dari kataappropio atau approach, yang artinya sebagai jalan atau penghampiran. Jadi pendekatan didefinisikan sebagai cara-cara menghampiri suatu objek.  Jadi pendekatan sastra adalah cara-cara yang dilakukan oleh seorang penelaah untuk mengkaji sebuah karya sastra, agar dapat memahaminya.

Mengapa diperlukan pendekatan sastra ?

  1. Karena Ragam sastra sangat banyak dan berkembang secara dinamis. Kondisi-kondisi perkembangan tersebut memerlukan cara pemahaman yang berbeda-beda.
  2. Kesulitan dalam memahami gejala sastra memicu para ilmuwan untuk menemukan berbagai cara sebagai pendekatan yang baru. Dengan kata lain, gejala sastra memunculkan hadirnya sejumlah masalah yang baru yang menarik dan perlu dipecahkan).

Untuk lebih jelasnya bisa diunduh di sini PENDEKATAN DALAM APRESIASI SASTRA

Tugas pada pertemuan ketiga ini yaitu membuat rangkuman materi pada pertemuan ini dan membuat resensi cerpen karya Danarto.  Contoh resensi cerpen dapat diunduh di sini Contoh membuat resensi Cerpen